Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia

—————

STRUKTUR KURIKULUM DAN MATA KULIAH SKS
I.   Mata Kuliah Umum (7 SKS)
  • Filsafat Ilmu
2
  • Metode Penelitian
3
  • Statistik
2
II.  Mata Kuliah Dasar keahlian (3 SKS)
  • Landasan Ilmu Pendidikan
3
III. Mata Kuliah Keahlian I                             (26 SKS)

A.  Wajib: (22 SKS)

 
  • Kajian Tindak Tutur
2
  • Sosiolinguistik Pendidikan
2
  • Linguistik Mutakhir
3
  • Sastra Bandingan
3
  • Pengembangan Kurikulum & Desain Pembelajaran Bahasa
3
  • Perbandingan Wacana
3
  • Sastra Terapan
2
  • Metode Penelitian & Pembelajaran Bahasa
2
  • Pemerolehan Bahasa
2
  • Pengembangan Asesmen Pembelajaran Bahasa
3
  • Metode Pembelajaran Bahasa *)
2
      B.   Pilihan: (4 SKS)
  • Pengembangan Jurnal & Terbitan Ilmiah
2
  • Pengembangan Literasi
2
  • Pengembangan Perpustakaan
2
  • Kurikulum dan Buku Teks Pelajaran
2
IV.  Mata Kuliah Keahlian II *)                         (4 SKS)
  • Disain Pembelajaran *)
2
  • Pengembangan Kurikulum *)
2
V.   Tesis                                                              (8 SKS)
  • Seminar Proposal Tesis
1
  • Seminar Hasil  Penelitian
1
  • Tesis
6
VI.  Mata Kuliah Penunjang (0 SKS)
  • BahasaInggris
0
  • Komputer
0
Jumlah Seluruh SKS 44 / 48*)


SINOPSIS MATA KULIAH

Filsafat Ilmu

Pembahasaan tentang  pokok-pokok gagasan yang hidup di dalam dunia filsafat, dan aksiologi serta terminologi ilmu, proses penguasaan pengetahuan, nilai, kegunaan ilmu dan kaitannya dengan teknologi, kebudayaan, agama serta pengambilan keputusan, logika, matematika, statistika dan bahasa dalam kegiatan berfikir.

Metode Penelitian

Membicarakan secara mendalam tentang langkah-langkah penelitian ilmiah dengan bebeberapa macam pendekatan, baik kuantitatif maupun kualitatif  ataupun pendekatan lainnya dengan memperhatikan kekuatan dan keterbatasannya masing-masing, sehingga mahasiswa dapat mengajukan proposal penelitian baik untuk tesis maupun penelitian lainnya.

Statistik

Perkuliahan ini membahas konsep  dasar tentang statistik dengan aplikasi dan interpretasi, mencakup konsep-konsep statistika, pemilihan analisis statistika untuk masalah penelitian interpretasi skor individu, macam-macam koefisien korelasi, prediksi pengacakan dan kesalahan dalam pengambilan sampel, pengujian hipotesis, uji-t, ANOVA untuk rancangan acak, blok, faktorial, dan regresi, serta analisis data menggunakan software komputer.

 

Landasan Ilmu Pendidikan

Memberikan kepada mahasiswa kemampuan untuk mengenali latar belakang sosial budaya dan filosofis dari pendidikan, saling hubugan antara kehidupan sosial budaya dengan pendidikan, dan peran pendidikan dalam proses perubahan sosial budaya. Inti perkuliahan adalah sociocultural background of education dan philosophical foundation of education.

 

——-