Pendidikan Bahasa Inggris

—————

KURIKULUM MATA KULIAH
.
I. Mata Kuliah Umum (7 SKS)

Filsafat Ilmu 2
Metode Penelitian 3
Statistik 2
II. Mata Kuliah Dasar keahlian (3 SKS)

Landasan Ilmu Pendidikan 3
III. Mata Kuliah Keahlian I (26 SKS)

Academic Reading 2
Applied Linguistics 2
Academic Writing 2
Language Teaching Seminar 2
Language Teaching Evaluation 2
English Language Learning Strategies 2
Semantics and Pragmatics 2
Discourse Analysis 2
Translation 2
Psycholinguistics 2
Sociolinguistics 2
Language Research Method 2
TEFL/TESOL 2
IV. Mata Kuliah Keahlian II (4 SKS)

Disain Pembelajaran *) 2
Pengembangan Kurikulum *) 2
V. Tesis (8 SKS)

Seminar Proposal Tesis 1
Seminar Hasil Penelitian 1
Tesis 6
VI. Mata Kuliah Penunjang (0 SKS)

Bahasa Inggris 0
Komputer 0
Jumlah Seluruh SKS 44/48*)
.

SILABUS MATA KULIAH

Filsafat Ilmu

Pembahasaan tentang  pokok-pokok gagasan yang hidup di dalam dunia filsafat, dan aksiologi serta terminologi ilmu, proses penguasaan pengetahuan, nilai, kegunaan ilmu dan kaitannya dengan teknologi, kebudayaan, agama serta pengambilan keputusan, logika, matematika, statistika dan bahasa dalam kegiatan berfikir.

Metode Penelitian

Membicarakan secara mendalam tentang langkah-langkah penelitian ilmiah dengan bebeberapa macam pendekatan, baik kuantitatif maupun kualitatif  ataupun pendekatan lainnya dengan memperhatikan kekuatan dan keterbatasannya masing-masing, sehingga mahasiswa dapat mengajukan proposal penelitian baik untuk tesis maupun penelitian lainnya.

Statistik

Perkuliahan ini membahas konsep  dasar tentang statistik dengan aplikasi dan interpretasi, mencakup konsep-konsep statistika, pemilihan analisis statistika untuk masalah penelitian interpretasi skor individu, macam-macam koefisien korelasi, prediksi pengacakan dan kesalahan dalam pengambilan sampel, pengujian hipotesis, uji-t, ANOVA untuk rancangan acak, blok, faktorial, dan regresi, serta analisis data menggunakan software komputer.

 

Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan

Memberikan kepada mahasiswa kemampuan untuk mengenali latar belakang sosial budaya dan filosofis dari pendidikan, saling hubugan antara kehidupan sosial budaya dengan pendidikan, dan peran pendidikan dalam proses perubahan sosial budaya. Inti perkuliahan adalah sociocultural background of education dan philosophical foundation of education.

Academic Reading

Mata kuliah ini mengkaji bagaimana memahami bacaan ilmiah dan non-ilmiah dengan fokus pembahasan pada: “Functuations, content clues, references, sentences, paragraph, articles or essay, skimming, scanning, etc “untuk dapat di aplikasikan dalam kehidupan sejak permulaan kuliah ini secara terus menerus untuk selama-lamanya.

Applied Linguistics

Mata kuliah ini berkenaan dengan penerapan ilmu kebahasaan (Linguistics) dalam berbagai bidang seperti pemerolehan bahasa pertama dan pemerolehan bahasa kedua, pengajaran bahasa, dan kesalahan berbahasa. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan beberapa teori linguistik di dalam berbagai bidang di luar bidang ilmu linguistik itu sendiri.

Academic Writing

Membantu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa agar mereka mampu menulis karya ilmiah seperti esei, artikel jurnal, laporan penelitian, dan makalah. Fokus perkuliahan diletakkan pada teori-teori tentan prosedur, organisasi dan teknik-teknik penulisan terutama pada latihan-latihan untuk mempraktekkannya dalam karya tulis mahasiswa.

Language Teaching Seminar

Mata kuliah ini mengkaji berbagai temuan hasil penelitian pengajaran dan penelitian pemerolehan bahasa serta tulisan ilmiah lainnya di bidang bahasa dalam kegiatan seminar.

Language Teaching Evaluation

Mata kuliah ini merupakan pendalaman teori dan praktek evaluasi pengajaran bahasa. Penekanan diberikan pada evaluasi pengajaran bahasa yang komunikatif. Melalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat melakukan evaluasi pengajaran bahasa yang valid dan reliabel di kelas yang diajarkan sesuai dengan perkembangan teori evaluasi pengajaran bahasa mutakhir.

English Language Learning Strategies

Mata kuliah ini mengkaji berbagai aspek dari pelajaran bahasa dengan fokus pembahasan pada: “language learner strategies, learning strategies, and learning styles”.

Semantics and Pragmatics

Mata kuliah ini menjelaskan garis-garis besar hubungan antara sintaksis, semantik dan pragmatik; batasan antara semantik dan pragmatik; dan pragmatik umum.

Discourse Analysis

Mata kuliah ini menguraikan pendekatan kebahasaan dalam analisis wacana. Dalam mata kuliah ini dijelaskan bagaimana bentuk-bentuk bahasa digunakan oleh manusia dalam berkomunikasi dan secara khusus, bagaimana penutur/ penulis membentuk pesan kebahasaan yang ditujukan kepada pendengar/ pembaca dan bagaimana pendengar/ pembaca mengolah pesan-pesan tersebut dalam usaha menginterprestasikannya dengan penekanan pada contoh-contoh bahasa Inggris.

Translation

Mata  kuliah ini berkenaan dengan konsep dan teori penerjemahan, konsep tentang makna yang relevan dengan terjemahan, dan praktek bagaimana menerjemahkan wacana yang lebih besar, seperti buku teks, jurnal dan lain-lain dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia.

Psycholinguistics

Memberikan dasar-dasar teori sebagai lanjutan dari mata kuliah pada program S1. Teori-teori tersebut dititikberatkan pada teori pemerolehan bahasa.

 

Sociolinguistics

Memberikan pendalaman tentang hubungan antara linguistik dengan masyarakat pemakai bahasa, serta segala aspek yang ditimbulkannya.

Language Research Method

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang hakekat, proses dan teknik-teknik penelitian bahasa. Fokus mata kuliah ini adalah teori dan praktek penelitian bahasa lapangan (Field Linguistics). Penekanan utama diberikan pada proses persiapan penelitian, pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data penelitian bahasa.

TEFL/TESOL

Mata kuliah ini mengkaji pendekatan, metode, dan teknik pengajaran bahasa yang komunikatif, hasil penelitian pengajaran dan penelitian pemerolehan bahasa, serta membahas teori belajar dari aspek pelajar bahasa.