Pendidikan Fisika

—————

KURIKULUM MATA KULIAH
.
I Mata Kuliah Umum (7 SKS)
Filsafat Ilmu 2
Metode Penelitian 3
Statistik 2
II Mata Kuliah Dasar keahlian (3 SKS)
Landasan Ilmu Pendidikan 3
III Mata Kuliah Keahlian I (6 SKS)
Strategi Pembelajaran Fisika 3
Evaluasi Pembelajaran Fisika 3
IV Mata Kuliah Keahlian II (20 SKS)
A.   Wajib (16 SKS)
Mekanika Kuantum 2
Mekanika Klasik 3
Mekanika Statistik 2
Elektrodinamika 3
Materi dan Energi 2
Biofisika 2
Fisika Bencana Alam 2
B.   Pilihan (4 SKS) *)
Instrumentasi Fisika 2
Media Pembelajaran Fisika berbasis TIK 2
Pengelolaan Laboratorium Fisika 2
Topik-Topik Khusus 2
V Mata Kuliah Keahlian III  **) (4 SKS)
Disain Pembelajaran 2
Pengembangan Kurikulum 2
VI Tesis (8 SKS)
Seminar Proposal Tesis 1
Seminar Hasil Penelitian 1
Tesis 6
Jumlah Seluruh SKS 44/48*)
.

SILABUS MATA KULIAH

Filsafat Ilmu

Pembahasaan tentang  pokok-pokok gagasan yang hidup di dalam dunia filsafat, dan aksiologi serta terminologi ilmu, proses penguasaan pengetahuan, nilai, kegunaan ilmu dan kaitannya dengan teknologi, kebudayaan, agama serta pengambilan keputusan, logika, matematika, statistika dan bahasa dalam kegiatan berfikir.

Metode Penelitian

Membicarakan secara mendalam tentang langkah-langkah penelitian ilmiah dengan bebeberapa macam pendekatan, baik kuantitatif maupun kualitatif  ataupun pendekatan lainnya dengan memperhatikan kekuatan dan keterbatasannya masing-masing, sehingga mahasiswa dapat mengajukan proposal penelitian baik untuk tesis maupun penelitian lainnya.

Statistik

Perkuliahan ini membahas konsep  dasar tentang statistik dengan aplikasi dan interpretasi, mencakup konsep-konsep statistika, pemilihan analisis statistika untuk masalah penelitian interpretasi skor individu, macam-macam koefisien korelasi, prediksi pengacakan dan kesalahan dalam pengambilan sampel, pengujian hipotesis, uji-t, ANOVA untuk rancangan acak, blok, faktorial, dan regresi, serta analisis data menggunakan software komputer.

Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan

Memberikan kepada mahasiswa kemampuan untuk mengenali latar belakang sosial budaya dan filosofis dari pendidikan, saling hubugan antara kehidupan sosial budaya dengan pendidikan, dan peran pendidikan dalam proses perubahan sosial budaya. Inti perkuliahan adalah sociocultural background of education dan philosophical foundation of education.

Strategi Pembelajaran Fisika

Merupakan penerapan dari prinsip-prinsip belajar dan mengajar mata kuliah fisika, didasarkan pada GBPP yang berlaku, kegiatan dalam perkuliahan ini meliputi memilih dan mencoba pendekatan, metode serta saran yang dapat digunakan dalam belajar suatu pokok bahasan tertentu, serta menerapkan komponen-komponen pengelolaan kelas dan interaksi belajar mengajar serta latihan menyusun kegiatan

Evaluasi Pembelajaran Fisika

Membahas makna dan fungsi evaluasi proses dan hasil pembelajaran, kaidah-kaidah penulisan instrument (alat ukur), cara menganalisis hasil belajar dan menginterprestasikannya. Evaluasi meliputi aspek kognitif, psikomtor dan afektif.

Mekanika Kuantum

Membahasan secara mendalam prinsip-prinsip mekanika kuantum non-relativistik, persamaan dinamika, gambaran Schrödinger, Heisenberg, aljabar operator dan transformasi simetri, teori gangguan, Matriks hamburan, teorema optik, time ordered product, “Dyson Chronological ordering”, “normal ordering”, teorema Wick, diagram Feynman, konsep propagator, kuantisasi kedua.

Mekanika Klasik

Membahas secara mendalam tentang dinamika Klasik dari Partikel: koordinat umum dan ruang konfigurasi, formalisme Hamilton-Euler-Lagrange, prinsip variasi, transformasi kanonik, Poisson bracket, transformasi simetri, kendala potensial yang bergantung pada kecepatan. Pengantar pada Teori Medan Klasik: koordinat umum dan ruang konfigurasi untuk sistem dengan derajat kebebasan tak berhingga, variabel medan, persamaan medan klasik, teori lokal dan non-lokal. Prinsip-prinsip Simetri: translasi ruang (homogenity of space), translasi waktu (uniformity of time), rotasi ruang (isotropy of space), simetri dan persamaan medan klasik, simetri dari fungsi Lagrange.

Mekanika Statistik

Membahasa secara mendalam tentang Termodinamika dan Teori Kinetik: tinjau ulang hukum termodinamika, potensial termodinamika dan hubungannya dengan pandangan mikroskopik. Dasar-dasar teori kinetik, perumusan persamaan transport Boltzmann, dalil H Boltzmann dan analysisnya, gejala transport, hukum kekekalan, solusi dan penerapannya. Mekanika Statistik: ensemble mikrokanonik, kanonik dan kanonik besar, mekanika statistik kuantum, sifat umum fungsi partisi, metoda aproksimasi, gugus Mayer, gas real, sistim Fermi dan sistim Bose. Topik Khusus: model Ising, berbagai metoda aproksimasi dan metoda eksak, transisi fasa paramagnetik-feromagnetik, gas kisi, spin glass dan jaringan neural.

Elektrodinamika

Membahas secara mendalam tentang Teori Dasar: rumusan Maxwell dan konsekwensi pokoknya, gelombang bebas dan karakterisasinya dalam medium dielektrik dan medium konduktif, perambatan energi dan momentum, polarisasi, pemantulan dan pembiasan sert apalikasinya. Pandu Gelombang: syarat batas, modus propagasi dan frekuensi pancung, atenuasi, pandu gelombang berdinding konduktor, pandu gelombang berselubung dielektrik, rongga resonator. Hamburan Gelombang: hamburan oleh silinder dengan syarat batas Dirichlet & Neuman, solusi asimptotis, hamburan oleh bola dan solusi asimototis, metoda fungsi Green dan hamburan Rayleigh. Radiasi Gelombang: metoda fungsi Green 4 dimensi, perumusan dasar radiasi di daerah radiasi, antena linear simetris dan pola radiasi, “directivity gain”, antena “linear arrays” dan square “arrays”, phase arrays, radiasi partikel bermuatan. Kapita Selekta: magnetohidrodinamika, difraksi, difusi (salah satu topik).

Materi dan Energi

Membahas tentang hasil alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan meliputi tumber sumber tumbuhan atau organisme, usul biogenesis, fisiologi dan kegunaan. Pemurnian dan sintesis bahan-bahan logam dan non logam, karakterisasi dan kegunaannya

Fisika Komputasi

Membahas teknik-teknik pemograman dengan bahasa Delphi, menggunakan komponen visual dan non visual, menggunakan komponen yang berhubungan dengan data, pembuatan aplikasi, grafik, multi media, animasi, pembuatan aplikasi data base.

Biofisika

Biofisika membahas tentang fenomena fisika yang terjadi pada bahan-bahan hidup seperti: radiasi mengion didalam jaringan, efek biologis elektromagnetik penyinaran sonic,  efek molekular radiasi mengion, termodinamika biologi, termodinamika tak balik,  difusi, permiabilitas & transport aktif,  membran-membran biologi, dan peralatan & Teknik khusus.

Fisika Bencana Alam

Membahas prinsip-prinsip fisika terjadinya bencana alam gempa, stunami, tanah longsor, gunung api, dsb.

Instrumentasi Dan Pengukuran Fisika

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib dan merupakan landasan bagi mahasiswa untuk melakukan pengukuran dan eksperimen. Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep pengukuran, kesalahan dalam pengukuran,  instrument-instrumen elektronik untuk tegangan, arus, hambatan,  instrumen optik seperti pembangkit sinar laser, foto dioda, light emitting diode, instrumen biomedik, biosensor dan aplikasinya.

Media Pembelajaran Fisika berbasis TIK

Membahas pengertian klasifikasi jenis, fungsi dan nilai praktis pemilihan media pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis internet, pembuatan media pembelajaran menggunakan bantuan komputer, beberapa multi media interaktif.

Pengelolaan Laboratorium Fisika

Membahas tentang fungsi labor fisika. Membahas tentang  bagaimana mengelola labor fisika yang benar, pemeliharaan alat dan keselamatan kerja.

Topik-Topik Khusus

Membahas tentang topik-topik yang lagi tren di masyarakat yang berhubungan dengan fenomena fisika. Membahas tentang aplikasi fisika yang banyak terpakai di masyarakat.

—-