Pendidikan Antropologi/Sosiologi

—————

KURIKULUM MATA KULIAH
.
I. Mata Kuliah Umum (7 SKS)
Filsafat Ilmu 2
Metode Penelitian 3
Statistik 2
     
II. Mata Kuliah Dasar keahlian (3 SKS)
Landasan Ilmu Pendidikan 3
III. Mata Kuliah Keahlian I (26 SKS)
A. Wajib: (24 SKS)
Teori-teori Sosial 3
Konsep IPS 3
Masalah Sosial 3
Pendidikan Antropologi/Sosiologi (12 SKS)
Sosiologi Pendidikan 2
Teori & Metodologi Antropologi 3
Perubahan Sosial 2
Antropologi Pendidikan 2
Teori dan Metodologi Sosiologi 3
Kurikulum IPS 3
Pembelajaran IPS 3
IV. Mata Kuliah Keahlian II ( 4 SKS )
Disain Pembelajaran *) 2
Pengembangan Kurikulum *) 2
     
V. Tesis (8 SKS)
Seminar Proposal 1
Seminar Hasil Penelitian 1
Tesis 6
     
VI. Mata Kuliah Penunjang (0 SKS )
Bahasa Inggris 0
Komputer 0
   
Jumlah Seluruh SKS 44/48*)
.

SILABUS MATA KULIAH

Filsafat Ilmu

Pembahasaan tentang  pokok-pokok gagasan yang hidup di dalam dunia filsafat, dan aksiologi serta terminologi ilmu, proses penguasaan pengetahuan, nilai, kegunaan ilmu dan kaitannya dengan teknologi, kebudayaan, agama serta pengambilan keputusan, logika, matematika, statistika dan bahasa dalam kegiatan berfikir.

Metode Penelitian

Membicarakan secara mendalam tentang langkah-langkah penelitian ilmiah dengan bebeberapa macam pendekatan, baik kuantitatif maupun kualitatif  ataupun pendekatan lainnya dengan memperhatikan kekuatan dan keterbatasannya masing-masing, sehingga mahasiswa dapat mengajukan proposal penelitian baik untuk tesis maupun penelitian lainnya.

Statistik

Perkuliahan ini membahas konsep  dasar tentang statistik dengan aplikasi dan interpretasi, mencakup konsep-konsep statistika, pemilihan analisis statistika untuk masalah penelitian interpretasi skor individu, macam-macam koefisien korelasi, prediksi pengacakan dan kesalahan dalam pengambilan sampel, pengujian hipotesis, uji-t, ANOVA untuk rancangan acak, blok, faktorial, dan regresi, serta analisis data menggunakan software komputer.

Landasan Ilmu Pendidikan

Memberikan kepada mahasiswa kemampuan untuk mengenali latar belakang sosial budaya dan filosofis dari pendidikan, saling hubugan antara kehidupan sosial budaya dengan pendidikan, dan peran pendidikan dalam proses perubahan sosial budaya. Inti perkuliahan adalah sociocultural background of education dan philosophical foundation of education.

Antropologi

Perkuliahan ini membahas hakekat antropologi sebagai disiplin ilmu, teori dan metode yang digunakan memahami hakekat manusia, masyarakat dan kebudayaan. Topik utama yang akan dibahas adalah ruang lingkup antropologi, hakekat manusia, kepribadian, masyarakat, kebudayaan, konsepsi kebudayaan, komponen-komponen kebudayaan, nilai-nilai dasar dan orientasi nilai budaya, sistem keyakinan mengenai manusia dan fenomena alam, sistem pelambangan, proses sosialisasi, imperatif cultural, sistem kognisi, sistem komunikasi, bahasa dan perkembangan moral.

Sosiologi

Perkuliahan ini membahas kedudukan ilmu sosiologi, perkembangan sosiologi pada tingkat nasional dan internasional, teori-teori dasar dan konsep-konsep penting dalam sosiologi serta lembaga-lembaga pokok dalam masyarakat.

Ekonomi

Perkuliahan ini membahas teori-teori pembangunan ekonomi, perubahan struktur, kaitan pola pembangunan dengan sistem ekonomi, kebijaksanaan dalam reorganisasi pertanian dan industri, permasalahan yang menyangkut dengan aplikasi teknologi dengan ketenagakerjaan dan kependudukan, peran ekonomi internasional dalam pembangunan, perencanaan pembangunan serta analisis hambatan dalam pembangunan nasional.

Teori dan Metodologi Antropologi

Perkuliahan ini membahas teori evolusi, diffusi, fungsional struktural, strukturalisme Levi-strauss, dan post modernisme serta implikasinya dalam metodologi antropologi.

Teori dan Metodologi Sosiologi

Perkuliahan ini mengkaji kedudukan sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, anatomi teori-teori sosiologi : Fakta sosial, definisi sosial dan perilaku sosial, teori dan sejarah teori sosiologi, pemikiran sosiologi klasik.

Antropologi Pembangunan

Perkuliahan ini membahas konsep-konsep antropologi dalam pembangunan yang menyangkut dengan pengkajian ruang lingkup antropologi pembangunan, perspektif-perspektif antropologi pembangunan, faktor sosial budaya yang mempengaruhi pembangunan serta implikasinya dalam pembangunan nasional.

Sosiologi Pembangunan

Pembahasan difokuskan kepada pengkajian beberapa aspek sosiologi dalam pembangunan : Teknologi, kependudukan, keluarga, pendidikan, pertumbuhan ekonomi dan politik. Konsep sosiologi yang mendapat penekanan utama menyangkut organisasi sosial, sosialisasi kelompok primer, stratifikasi sosial, dan perilaku kolektif.

Perubahan Sosial Budaya

Perkuliahan ini difokuskan kepada pembahasan dimensi perubahan sosial budaya, model perubahan dan stabilitas : Orientasi perubahan dan stabilitas, variabel fisik, biologik dan demokrafis, variabel idiologi dan teknologi, fungsi dan struktur, model idiologi dan teknologi, model perubahan sosial budaya. Perubahan dan konflik, strategi sosial budaya, konflik sebagai konsep perubahan, konflik sebagai pembatas stabilitas, manajemen konflik, teori-teori perubahan sosial. Pembangunan dan perubahan sosial budaya serta implikasinya dalam pembangunan pendidikan di Indonesia.

Sosiologi Pendidikan

Perkuliahan ini membahas tentang hubungan masyarakat dan individu dengan pendidikan dimana sosialisasi primer sekunder, sekolah sebagai struktur sosial, sekolah dan lingkungan sosial, kurikulum tersembunyi, fungsi pendidikan dan sekolah, PBM dan pembentukan kepribadian serta pendidikan dan negara.

Psikologi Sosial

Perkuliahan ini membahas konsep-konsep dan teori psikologi sosial, menyengkut : Interaksi sosial, hubungan interpersonal, persepsi, sikap, agresivitas dan prososial, dinamika kelompok serta implikasinya mengenali dan menganalisis tingkah laku sosial.

——