Pendidikan Sejarah

—————

KURIKULUM MATA KULIAH
.
I. Mata Kuliah Umum (7 SKS)
Filsafat Ilmu 2
Metode Penelitian 3
Statistik 2
II. Mata Kuliah Dasar keahlian (3 SKS)
Landasan Ilmu Pendidikan 3
III. Mata Kuliah Keahlian I (26 SKS)
A. Wajib: (24 SKS)
Antropologi 2
Sosiologi 2
Ekonomi 2
Sejarah Indonesia Kontemporer 2
Pembelajaran IPS 2
Kurikulum Pendidikan IPS 2
Pendidikan Sejarah (12 sks)
Sejarah Indonesia 3
Sejarah Hubungan antar Bangsa 2
Sejarah Asia Tenggara 2
Teori dan Metodologi Sejarah 3
Sejarah Pendidikan 2
B. Pilihan: (2-4 SKS)
Independen / Individual Study 2
Sosiologi Pendidikan 2
Antropologi Pendidikan 2
Psikologi Sosial 2
IV. Mata Kuliah Keahlian II ( 4 SKS )
Disain Pembelajaran *) 2
Pengembangan Kurikulum *) 2
V. Tesis (8 SKS)
Seminar Proposal 1
Seminar Hasil Penelitian 1
Tesis 6
VI. Mata Kuliah Penunjang (0 SKS )
Bahasa Inggris 0
Komputer 0
Jumlah Seluruh SKS 44/48*)
.

SILABUS MATA KULIAH

Filsafat Ilmu

Pembahasaan tentang  pokok-pokok gagasan yang hidup di dalam dunia filsafat, dan aksiologi serta terminologi ilmu, proses penguasaan pengetahuan, nilai, kegunaan ilmu dan kaitannya dengan teknologi, kebudayaan, agama serta pengambilan keputusan, logika, matematika, statistika dan bahasa dalam kegiatan berfikir.

Metode Penelitian

Membicarakan secara mendalam tentang langkah-langkah penelitian ilmiah dengan bebeberapa macam pendekatan, baik kuantitatif maupun kualitatif  ataupun pendekatan lainnya dengan memperhatikan kekuatan dan keterbatasannya masing-masing, sehingga mahasiswa dapat mengajukan proposal penelitian baik untuk tesis maupun penelitian lainnya.

Statistik

Perkuliahan ini membahas konsep  dasar tentang statistik dengan aplikasi dan interpretasi, mencakup konsep-konsep statistika, pemilihan analisis statistika untuk masalah penelitian interpretasi skor individu, macam-macam koefisien korelasi, prediksi pengacakan dan kesalahan dalam pengambilan sampel, pengujian hipotesis, uji-t, ANOVA untuk rancangan acak, blok, faktorial, dan regresi, serta analisis data menggunakan software komputer.

 

Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan

Memberikan kepada mahasiswa kemampuan untuk mengenali latar belakang sosial budaya dan filosofis dari pendidikan, saling hubugan antara kehidupan sosial budaya dengan pendidikan, dan peran pendidikan dalam proses perubahan sosial budaya. Inti perkuliahan adalah sociocultural background of education dan philosophical foundation of education.

Antropologi

Perkuliahan ini membahas hakekat antropologi sebagai disiplin ilmu, teori dan metode yang digunakan memahami hakekat manusia, masyarakat dan kebudayaan. Topik utama yang akan dibahas adalah ruang lingkup antropologi, hakekat manusia, kepribadian, masyarakat, kebudayaan, konsepsi kebudayaan, komponen-komponen kebudayaan, nilai-nilai dasar dan orientasi nilai budaya, sistem keyakinan mengenai manusia dan fenomena alam, sistem pelambangan, proses sosialisasi, imperatif cultural, sistem kognisi, sistem komunikasi, bahasa dan perkembangan moral.

Sosiologi

Perkuliahan ini membahas kedudukan ilmu sosiologi, perkembangan sosiologi pada tingkat nasional dan internasional, teori-teori dasar dan konsep-konsep penting dalam sosiologi serta lembaga-lembaga pokok dalam masyarakat.

Ekonomi

Perkuliahan ini membahas teori-teori pembangunan ekonomi, perubahan struktur, kaitan pola pembangunan dengan sistem ekonomi, kebijaksanaan dalam reorganisasi pertanian dan industri, permasalahan yang menyangkut dengan aplikasi teknologi dengan ketenagakerjaan dan kependudukan, peran ekonomi internasional dalam pembangunan, perencanaan pembangunan serta analisis hambatan dalam pembangunan nasional.

Sejarah Indonesia

Mata kuliah ini berisikan pembahasan sejarah Indonesia secara tematis dan kronologis mulai dari priode yang paling awal hingga Indonesia kontemporer. Masing-masing priode akan dilihat sebagai unit-unit analisis dengan penekanan pembahasan secara topikal dan keterkaitannya dengan persoalan masa kini.

Sejarah Indonesia Kontemporer

Mata kuliah ini berisikan pembahasan tentang tema-tema pokok sejarah Indonesia Kontenporer, khususnya berkenaan dengan isu-isu utama yang mempengaruhi perkembangan Indonesia Modern.

Sejarah Asia Tenggara

Pembahasan difokuskan kepada Sejarah Asia Tenggara secara analitik dan menyeluruh mulai dari priode awal sampai sekarang. Masing-masing priode akan dilihat sebagai unit-unit analisis dengan penekanan pembahasan secara topikal dan keterkaitannya dengan persoalan masa kini.

Sejarah Hubungan antar Bangsa

Mata kuliah ini menyajikan bahan-bahan, kesempatan, suasana dan apresiasi sejarah dunia, dengan menekankan pembahasan mengenai perubahan dan kontinuitas sejarah dunia dari periode awal sampai perkembangan mutakhir, sehingga setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa mengenal dengan baik bagaimana sejarah dunia umat manusia terintegrasi ke dalam unit sejarah sedunia.

Teori dan Metodologi Sejarah

Pembahasan berkenaan dengan prinsip-prinsip epistimologi sejarah, teori dan implikasi metodologi ke dalam metode penelitian sejarah, termasuk penerapan teknik-teknik riset dan penulisan laporan penelitian ilmiah di bidang sejarah.

 

Sejarah Filsafat Pancasila

Perkuliahan ini membahas latar belakang historis, konseptual dan institusional Pancasila sebagai idiologi negara Republik Indonesia, pengkajian idiologi Pancasila secara komparatif dengan beberapa idiologi yang telah berkembang dalam berbagai masyarakat serta tantangan yang dihadapi Pancasila dalam menghadapi era globalisasi.

Sosiologi Pendidikan

Perkuliahan ini membahas tentang hubungan masyarakat dan individu dengan pendidikan dimana sosialisasi primer sekunder, sekolah sebagai struktur sosial, sekolah dan lingkungan sosial, kurikulum tersembunyi, fungsi pendidikan dan sekolah, PBM dan pembentukan kepribadian serta pendidikan dan negara.

Psikologi Sosial

Perkuliahan ini membahas konsep-konsep dan teori psikologi sosial, menyengkut : Interaksi sosial, hubungan interpersonal, persepsi, sikap, agresivitas dan prososial, dinamika kelompok serta implikasinya mengenali dan menganalisis tingkah laku sosial.

—-