Pendidikan Kimia

—————

KURIKULUM MATA KULIAH
.
I Mata Kuliah Umum (7 SKS)
Filsafat Ilmu 2
Metode Penelitian 3
Statistik 2
II Mata Kuliah Dasar keahlian (3 SKS)
Landasan Ilmu Pendidikan 3
III Mata Kuliah Keahlian I (6 SKS)
Strategi Pembelajaran Kimia 3
Evaluasi Pembelajaran Kimia 3
IV Mata Kuliah Keahlian II (20 SKS)
A.   Wajib (16 SKS)
Materi dan Energi 2
Kimia Organik 3
Bio Kimia 2
Kimia Anorganik 3
Kimia Analitik 3
Kimia Fisik 3
B.   Pilihan (4 SKS) *)
Telaah Kurikulum 2
Media Pembelajaran Berbasis IT 2
Pengelolaan Laboratorium 2
Penelitian Tindakan Kelas 2
V Mata Kuliah Keahlian III  **) (4 SKS)
Disain Pembelajaran 2
Pengembangan Kurikulum 2
VI Tesis (8 SKS)
Seminar Proposal Tesis 1
Seminar Hasil Penelitian 1
Tesis 6
Jumlah Seluruh SKS 44/48*)
.

SILABUS MATA KULIAH

Filsafat Ilmu

Pembahasaan tentang  pokok-pokok gagasan yang hidup di dalam dunia filsafat, dan aksiologi serta terminologi ilmu, proses penguasaan pengetahuan, nilai, kegunaan ilmu dan kaitannya dengan teknologi, kebudayaan, agama serta pengambilan keputusan, logika, matematika, statistika dan bahasa dalam kegiatan berfikir.

Metode Penelitian

Membicarakan secara mendalam tentang langkah-langkah penelitian ilmiah dengan bebeberapa macam pendekatan, baik kuantitatif maupun kualitatif  ataupun pendekatan lainnya dengan memperhatikan kekuatan dan keterbatasannya masing-masing, sehingga mahasiswa dapat mengajukan proposal penelitian baik untuk tesis maupun penelitian lainnya.

Statistik

Perkuliahan ini membahas konsep  dasar tentang statistik dengan aplikasi dan interpretasi, mencakup konsep-konsep statistika, pemilihan analisis statistika untuk masalah penelitian interpretasi skor individu, macam-macam koefisien korelasi, prediksi pengacakan dan kesalahan dalam pengambilan sampel, pengujian hipotesis, uji-t, ANOVA untuk rancangan acak, blok, faktorial, dan regresi, serta analisis data menggunakan software komputer.

Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan

Memberikan kepada mahasiswa kemampuan untuk mengenali latar belakang sosial budaya dan filosofis dari pendidikan, saling hubugan antara kehidupan sosial budaya dengan pendidikan, dan peran pendidikan dalam proses perubahan sosial budaya. Inti perkuliahan adalah sociocultural background of education dan philosophical foundation of education.

Kimia Fisika

Mata kuliah ini membicarakan aspek-aspek termodinamika dan aspek kinetika dalam perubahan kimia, teori kinetic gas, teori dasar spektroskopi, dan elektrokimia.

Kimia Anorganik

Pada mata kuliah ini dibicarakan aspek-aspek teoritis yang akan digunakan untuk dalam kimia anorganik. Aspek-aspek teoritis meliputi struktur atom dan ikatan kimia, teori asam basa, oksidasi reduksi. Pembahasan selanjutnya lebih ditekankan pada deskripsi sifat-sifat unsur dan senyawa.

Materi dan Energi

Pada mata kuliah ini dibicarakan secara umum aspek makroskopik dan mikroskopik materi, perubahan materi dan energi yang menyertai perubahan materi, gas, cair dan padat serta aspek termodinamik perubahan fasa.

Kimia Organik

Pada mata kuliah ini dibicarakan deret homolog, gugus fungsi, rekasi identifikasi dan sistesis organik dan mekanisme reaksi organik. Pembicaraan reaksi organik ditekankan juga pada aspek termodinamika dan kinetika reaksi organik.

Biokimia

Pada matakuliah ini dibahas tentang kimia dalam organisasi hidup dan perubahanya. Bioteknologi disajikan dan dibahas secara khusus dari aspek kimia.

Kimia Analitik

Pada matakuliah ini dibahas tentang dasar-dasar kimia analitik kualitatif dan kuantitatif, analisis instrumen optik dan listrik. Penerapan kimia analitik juga diarahkan pada elusidasi struktur senyawa organic.